Cara Mengurangi Ketergantungan Anak terhadap Gadget

Cara Mengurangi Ketergantungan Anak terhadap Gadget

Zaman sekarang, gadget bukanlah benda yang dipakai oleh orang dewasa saja, tapi pun anak-anak. Sayangnya, dampak kurangnya kontrol dari orang tua, pemakaiannya tidak jarang kali tidak diberi batas sehingga tingkat ketergantungan anak terhadap gadget semakin tinggi.

Mengatasi ketergantungan anak terhadap gadget bukanlah perkara mudah. Anak yang telah terbiasa memainkan benda tersebut semenjak usia dini dapat memberontak bilamana Anda tiba-tiba mengambilnya.
Sebagai penyelesaian dari urusan ini, ada minimal 4 teknik yang dapat Anda jajaki praktikkan di rumah, yaitu:

1. Mengurangi Waktu Pemakaian Gadget Sedikit Demi Sedikit
Melarang anak bermain gadget 24 jam sehari jelas bukan merupakan tahapan efektif untuk meminimalisir ketergantungan mereka. Cara ini malah akan menciptakan anak semakin rewel sekaligus tumbuh menjadi seorang pembangkang. www.studybahasainggris.com/

2. Mengajak Anak Melakukan Aktivitas Lain
Salah satu penyebab kenapa anak ketagihan main gadget ialah karena kurangnya kegiatan yang dapat mereka kerjakan di rumah. Seperti yang kita tahu, anak-anak adalahmakhluk yang cepat bosan. Oleh karena itu, ajaklah anak guna melakukan kegiatan lain sebagai pengganti dari gadget yang mereka mainkan.

3. Mematikan Koneksi Internet
Internet ialah pedang bermata dua, ia dapat menjadi sumber informasi yang berfungsi sekaligus menjadi penyebab utama kenapa anak tak jemu menatap gadget sekitar berjam-jam.

4. Menemukan Minat Anak supaya Ia Sibuk dengan Hal Lain
Menemukan minat anak memang tidak mudah. Akan tetapi, andai Anda sukses memancing si kecil guna menyibukkan diri dengan hal beda yang mereka sukai, maka kita tidak butuh repot menggali strategi untuk meminimalisir ketergantungan anak terhadap gadget.

Demikianlah 4 teknik yang dapat dicoba untuk meminimalisir ketergantungan anak terhadap gadget. Akhir kata, sebagai orang tua kita jelas tidak bisa membendung peradaban teknologi, toh nyatanya gadget juga dapat digunakan guna mendidik sang buah hati.

Sumber : www.bahasainggris.co.id/