5 Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Terapkan Untuk Mengatasi Permasalahan Sampah

Sebetulnya sudah banyak solusi untuk mengatasi segala permasalahan sampah yang ada. Namun memang yang paling menyulitkan adalah bagaimana hal itu bisa diterapkan secara sempurna atau tidak.

Nah dan yang terjadi saat ini adalah, belum dilakukan secara sempurna semua solusi yang telah ditemukan. Makanya tak  heran, jika permasalahan sampah kini selalu menjadi masalah besar yang kian tak kunjung selesai.

Untuk mengingatkan kembali, kini kami akan tuliskan kembali beberapa cara yang tentunya bisa kamu terapkan untuk mengatasi yang namanya permasalahan sampah.

Berikut ini adalah cara – cara yang bisa kamu terapkan :

  1. Pilah dan juga buang sampah pada tempatnya

Membuang sampah ke tong sampah besar sebetulnya bukanlah hal yang sulit dan ini merupakan hal yang sepele. Kamu tinggal memasukkan sampah – sampah tersebut ke tempat yang memang sudah seharusnya. Tapi jangan lupa juga masukkanlah sampahnya sesuai dengan kategori atau juga sesuai dengan jenisnya.

Jika perlu siapkan tong sampah di depan rumahmu yaitu tong sampah organik dan juga tong sampah nonorganik dan tentunya sampah dari rumahmu ditaruh ditempat tersebut, nantinya biar petugas kebersihan yang akan mengangkutnya.

  • Habiskan makanan mu..

Kamu harus tau bahwa salah satu penyumbang sampah yang juga paling banyak di Jakarta adalah sampah bekas sisa makanan. Kurang lebih sekitar 2,7 ton sisa makanan yang jadi sampah terdapat di Jakarta.

Maka dari itu, usahakan kita menghabiskan makanan yang kita buat sendiri atau yang kita beli. Jika tidak habis, kita bisa memberikannya kepada tetangga, kerabat, atau orang – orang yang membutuhkan.

Selain bisa mengurangi sampah, tentu berbagi makanan juga bisa mengurangi angka kelaparan.

  • Bawa kantung belanja dan alat makan sendiri

Saat ini hal seperti ini sudah dibuatkan aturan wajibnya di beberapa daerah khususnya di Jabodetabek. Kini belanja di minimarket harus bawa tas belanja sendiri, karena minimarket sudah tidak akan menyediakan yang namanya kantong plastik.

Ya, aturan ini memang sengaja dibuat untuk mengurangi penggunaan plastik. Apalagi plastik sendiri adalah bahan yang sangat sulit untuk terurai dan negara kita juga belum mampu mengelola sampah – sampah ini dengan maksimal. Makanya kamu harus siap totebag saat akan berbelanja di minimarket.

  • Sumbangkan barang – barang tak terpakai

Pasti diantara kita sebetulnya punya barang – barang tak terpakai semisal pakaian yang menumpuk di rumah. Dan biasanya ditaruh di gudang, di lemari, atau di sudut – sudut rumah.

Biar tidak jadi sampah, sebaiknya kita berikan saja kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini tentu menjadi perbuatan mulia yang tak ternilai.

  • Daur ulang lagi

Jika kamu punya waktu luang, sebaiknya kamu lakukan hal ini yaitu mendaur ulang sampah dirumah yang ada. Kain – kain bekas bisa kamu ubah lagi menjadi lap majun misalnya. Atau jika tidak mau ribet, kamu bisa berikan barang – barang yang sekiranya bisa didaur ulang kepada tempat khusus daur ulang sampah.

Nah itu adalah beberapa cara sederhana yang cukup simpel yang bisa kamu lakukan untuk membantu berpartisipasi dalam mengurangi sampah demi kebaikan lingkungan di masa yang akan datang.